Mistisnya Goa Selomangleng



Terkesan Mistis...
Di Kota Kediri, terdapat sebuah tempat wisata yang lumayan kondang bagi warga Kota Tahu dan sekitarnya. Dulu, ane sering berkunjung ke sana, karena jaraknya sangat dekat dengan rumah. Nama tempatnya adalah Gua Selomangleng. Letaknya ada di sisi barat Kota Kediri, tepatnya di Jalan Selomangleng, berdekatan dengan Universitas Kadiri, Museum Airlangga dan SMAN 5 Kediri ( SMA ane neh...). Jangan bayangin kalo Gua ini besar, dalam, dan banyak stalagtit stalagmitnya yah...gua ini cukup kecil untuk ukuran gua. Lokasinya sangat mudah dijangkau, di lereng Bukit Maskumambang. Jalanan juga mulus dan dilewati angkot. Sebelum ke area goa, kita harus naik beberapa anak tangga yang gak segitu tinggi. Dalam gua, juga gak seberapa. Lebih luas kamar kost kayaknya. Bau dupa menyengat, terus juga ada bekas-bekas bunga untuk sesajen. Suasana langsung berubah menjadi seram. Mulut gua  terbagi dua.
Ada sebelah kiri dan sebelah kanan. Yang kanan ada semacam tempat untuk melakukan ritual, sedangkan bagian kiri lebih kecil lagi. Di dalam gua juga gelap banget. Berlama-lama di dalam gua membuat nafas sesak. Saya aja gak betah dan buru-buru mau keluar. Saya lebih senang menikmati pemandangan di luar gua. Kita bisa melihat Gunung Klotok yang jaraknya gak begitu jauh, trus menikmati aneka jajanan yang dijual para PKL yang biasa mangkal di sekitar tempat ini. Dari gua, kita bisa melihat Musium Airlangga yang nggak keurus, trus juga area parkir. Akses ini tempat ini sekarang lebih baik dari beberapa tahun silam. Gak heran, kalau sekitar tempat ini banyak tumbuh warung-warung liar, PKL dan rumah-rumah penduduk. Bahkan kalau malam, karena gelap, tempat ini sering dijadikan mangkal buat pemuda-pemudi untuk melakukan hal-hal yang    terlarang. Tau kan kayak apa? Pacaran, mabuk-mabukan bahkan lebih dari itu. Makanya kadang kalo malam ada aja polisi yang merazia tempat-tempat yang mencurigakan. Tapi memang dasar mental orang-orang kita ya...dirazia bukannya kapok, tapi tambah makin jadi. Jadinya yah...jadi permaina kucing-kucingan.
Pintu Masuk
Padahal kalo lihat sejarahnya, Goa Selomangleng ini sudah ada sejak jaman dulu. Konon sering dipakai oleh Dewi Kilisuci untuk bertapa. Trus waktu saya SMA, pernah terdengar rumor bahwa sekitar tempat ini juga angker..karena dahulu sebagai tempat pembantaian orang-orang eks PKI. Serem kan? Ada juga beberapa cerita yang rada-rada horor berkembang di daerah itu.Kesan tempat itu memang lumayan mistis kok. Padahal sekarang udah ramai. Gak kayak dulu. Ada juga Waterpark di sisi sebelah kanan. Kalo hari Minggu banyak keluarga yang berwisata di tempat ini. Kalau mau bercapek-capek, bisa naik ke Bukit Selomangleng, dengan melewati puluhan anak tangga yang lumayan buanyaak....
Tapi sepadan dengan pemandangan dari atas bukit. Kita bisa melihat pemandangan Kota Kediri dari ketinggian. Kota Kediri tampak seperti mainan lego. Cantik bingiits. Terlihat pabrik rokok Gudang Garam yang rapi berjajar-jajar, lalu menara LDII juga Hotel Surya yang megah. Sayang, saya belum pernah melihat suasana pada malam hari. Coba kalau malam, pasti lebih asik lagi. Apalagi kalo lihatnya bersama orang terkasih. Gubrak!
Anyway....kalo mampir ke Kediri..silahkan mampir ke Gua Selomangleng. Cukup asik buat melepas penat.

0 Response to "Mistisnya Goa Selomangleng"

Posting Komentar